Fun cooking

Fun cooking
belajar menjadi pengusaha

Kamis, 18 Januari 2018

Mengenal Ilmuwan Besar Islam Al Biruni (973-1050)

Mengenal Ilmuwan Besar Islam Al Biruni (973-1050)
Tahukah kamu apa itu Rotasi Bumi? Benarkah matahari termasuk dalam Galaksi Bimasakti? Ternyata salah satu astronom muslim berhasil meneliti dalam hal-hal tersebut, ia adalah Al Biruni. Kecermelangannya tidak hanya dalam bidang Astronomi, tetapi juga ilmu pengetahuan lain.
Al Biruni memiliki nama lengkap Abu Ar-Rayhan Muhammad bin Ahmad Al Biruni. Ia dilahirkan dikota Khiva, Kwarizmi, Persia pada tahun 973. Karya beliau yang terkenal adalah Tarikh al-Hind yang selesai ia tulis tahun1030, karya itu dianggap luar biasa di mata para cendekiawan karena mengupas secara lengkap sejarah dan budaya India. Adapun karya Al Biruni dalam Matematika dan Geografi adalah kitab Al Qanun Al Mas’udi fi ‘l-hay, a wa ‘l-nujum (Canon masudicus). Ia membawa pemikiran mengenai bumi dan alam semesta. Ia terkenal dengan pendapatnya bahwa bumi berputar pada porosnya sendiri. Ia juga menemukan sistem koordinat yang membuat para kartografer merasa kagum. Dalam kesehatan dia menulis kitab As-saydalah.
Al Biruni menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1050 di Ghaznavid, Afganistan. Sosoknya akan selalu dikenang sebagai ilmuwan muslim genius dengan hasil pemikiran yang bermanfaat bagi umat manusia.

Fakta; Sebagai sebuah penghargaan, nama Al Biruni dijadikan salah satu nama kawah di Bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kisah Bilal Bin Rabah