Fun cooking

Fun cooking
belajar menjadi pengusaha

Rabu, 14 Februari 2018

sejarah turunnya QS An-nasr

Qur'an Surah An-nasr artinya pertolongan terdiri dari 3 ayat. sebagian ulama menyatakan diturunkan di kota Mekah dan sebagian menyatakan di kota Madinah. surat ini diturunkan ketika Rasulullah SAW  akan melaksanakan haji wada'.

Rasulullah dilahirkan dikota Mekkah oleh karena itu setelah beliau hijrah ke kota Madinah maka Rasul, merasa rindu dengan kota kelahairannya beliau ingin sekali berkunjung ke kota nya, namun penolakan terjadi pada orang kaum kafir Quiraisy yang berada di Mekkah, mereka beranggapan bahwa keberadaan Rasulullah ke kota Mekkah adalah ancaman buat mereka maka mereka mengajak rasul untuk berperang.

untuk menuju ke kampung halamannya, dan karena tuntutan dari penduduk kota Mekkah, maka rasul memerintahkan 10.000 prajurit untuk ikut dalam rombongan Nabi. ketika itu terjadi peperangan yang bernama Fathul Mekkah dan dimenangkan oleh kaum muslimin dengan kekuatan yang besar dan kemenangan besar, surat Annasr ini turun untuk mengingatkan bahwa kemenangan besar yang terjadi karena ada campur tangan dari Allah SWT sehingga tidak terdapat rasa takabur dan sombong dalam diri kaum muslimin yang menang besar. disaat ini terjadi, banyak kaum kafir kota mekkah yang masuk islam secara berbondong-bondong karena mereka takjub akan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

hikmah dari surah annasr adalah bahwa kita harus yakin apa yang kita lakukan semuanya adalah karena pertolongan Allah SWT semata, Dia-lah Zat yang maha agung dan besar yang bisa membuat kejadian menjadi terjadi ataupun tidak terjadi. oleh karena itu sudah sepatutnya kita selalu meminta pertolongan kepada Allah dan tidak ada penghalang antara kita dengan Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kisah Bilal Bin Rabah