Fun cooking

Fun cooking
belajar menjadi pengusaha

Rabu, 17 Januari 2018

ANAK DAN SEKOLAH BARUNYA


Sekolah sudah dimulai, bagaimana perasaan anda selaku orangtua mengantarkan anak bersekolah untuk pertama kalinya?. 
M
asalah awal masuk sekolah tentunya akan menjadi pengalaman berat bagi anak-anak ataupun pada orangtua. Terutama bagi orangtua yang baru pertama kali memasukkan anaknya ke sebuah sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai Sekolah Dasar.
Situasi yang baru akan membuat anak harus belajar beradaptasi lagi. Sebagian anak ada yang langsung ditinggal ada juga yang masih ditungguin. Bisa jadi, pengalaman masuk sekolah pada minggu-minggu pertama akan memunculkan masalah yang membuat si kecil tak mau sekolah lagi. Apa saja masalah yang biasa orangtua hadapi saat anak baru masuk sekolah?
1
 tidak mau ditinggal. Ayah dan bunda sebagai orang yang terdekat dengan Buah hati saat sekolah baru, si kecil bisa saja menangis jika ayah dan bunda langsung meninggalkannya kesekolah. Orangtua perlu meyakinkan anak bahwa dia akan baik-baik saja selama dikelas. Orangtua tidak perlu meninggalkan si kecil. Bersabarlah, anda bisa meninggalkan si kecil secara bertahap hingga mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya, bekerja samalah dengan guru untuk mengatasinya.
2
 memulai interaksi. Beljar bertemen di lingkungan baru dengan orang-orang baru akan menjadi tantangan tersendiri bagi Buah hati, anda bisa mengajarkan anak teknik sederhana untuk memulai pertemanan, ssperti bersenyum dan bisa juga bunda atau ayah mencoba berinteraksi dengan teman-teman sekelas anak dilingkungan sekolahnya.
3
 kurang berkomunikasi. Dalam bersosialisa, Buah hati tentunya perlu belajar berinteraksi dengan orang lain, sbeelumnya kenali dulu cara anak anda berkomunikasi; apakah ia cenderung berkomunikasi secara nonverbal? Misalnya, selalu merespons anda dengan tangisan, berteriak, atau menunjuk sesuatu. Hal ini akan menghambatnya bersosialisasi dengan teman-temannya ataupun guru di sekolah. Untuk mengatasinya anda bisa melatih anak untuk berkomunikasi secara verbal.
4
 Mogok Sekolah. Jika buah hati anda mogok sekolah, bisa saja hal itu menjadi tanda-tanda ada permasalahan di sekolah. Anda bisa berbicara kepada anak apa yang menyebabkan ia tak mau sekolah lagi secara perlahan, tanpa memarahinya. Anda juga bisa berbicara kepada guru apa yang terjadi selama di sekolah. Bekerja samalah dengan para guru untuk mengatasi situasi ini sehingga anak anda bisa sekolah kembali. Jika anak tak mau bercerita tetang apa yang terjadi, baik pada guru maupun orangtua, anda bisa minta bantuan kepada ahlinya.


Sumber                : Tabloidku Edisi 5 tahun 1 Agustus 2016. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kisah Bilal Bin Rabah